Tertawa Menyehatkan Otak Anda

 

Anda tentu pernah mendengar bahwa tertawa adalah obat terbaik, dan selain bagi tubuh, itu juga berlaku bagi otak. Respon emosional pengaruhnya terbatas pada beberapa area tertentu saja pada otak, sedangkan tertawa melibatkan banyak bagian di seluruh otak.


Lagi pula, mendengar lelucon  mengaktifkan bagian-bagian otak yang penting bagi pembelajaran dan kreativitas. Seperti diungkapkan psokilog Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence, “Tertawa…tampaknya  membantu orang berpikir lebih luas dan bergaul lebih bebas.”
Anda mencari cara-cara membawa lebih banyak tawa ke dalam hidup anda? Coba lihat berikut ini:
§  Tertawakan diri sendiri. Ceritakan pengalaman anda  yang memalukan kepada orang lain. Cara terbaik untuk mengurangi keseriusan dan ketegangan anda adalah dengan membicarakan saat-saat kita terlalu serius dengan orang-orang di sekitar anda. Misalnya, “Tadi aku naik bis dan harus berdiri karena bis penuh. Seorang bapak di dekatku memelototi aku dengan galak, padahal tampangnya sangar sekali. Ternyata, dari tadi aku menginjak kakinya. Setelah aku meminta maaf, ternyata bisa juga ia tersenyum!”

§  Ketika mendengar orang tertawa, cari sumbernya. Orang lebih sering senang mencaritakan sesuatu yang lucu karena memberikan kesempatan untuk tertawa dan menambah humor yang anda temukan dalam cerita itu. Bila anda mendengar suara orang tertawa, tanyakan, “Apa yang lucu? Cerita dong!”

§  Luangkan lebih banyak waktu bersama orang yang menyenangkan dan penuh tawa. Carilah waktu bersama orang-orang yang suka bercanda dan mudah tertawa, baik menertawakan diri sendiri maupun kejadian tidak biasa dalam hidup. Mereka bisa menemukan humor dalam kejadian sehari-hari. Cara mereka memandang kehidupan dan tawa mereka biasanya menular.

§  Ciptakan suasana yang memeriahkan perasaan anda. Letakkan mainan lucu di meja kerja anda atau di mobil. Tempelkan poster lucu di dinding kantor anda. Pilih screensaver yang membuat anda tertawa untuk komputer anda. Bingkai foto keluarga atau teman-teman sedang bercanda.

§  Perhatikan anak-anak di sekeliling anda.  Anak-anak adalah ahlinya bermain, menjalani hidup dengan ringan dan tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar