Walt Disney (1901 - 1966)


Walter Elias Disney (Walt Disney) lahir pada 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Walt adalah satu dari lima anak Elias Disney dan isterinya Flora Call Disney.Setelah Walt lahir, keluarga Disney pindah ke Marceline, Missouri, Walt menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di sana.

Sedari kecil Walt sudah menunjukkan minatnya pada seni, Ia sering membuat gambar-gambar dan menjualnya kepada tetangga untuk mendapatkan uang tambahan. Ia ingin berkarir di bidang seni, maka ia belajar seni dan fotografi di McKinley High School di Chicago.

Walt mulai mencintai alam dan kehidupan alam liar, keluarga dan masyarakatnya yang sebagian besar hidup sebagai petani.  Walaupun ayahnya kurang setuju dan keluarga mereka hanya memiliki sedikit uang, Walt didukung oleh ibu dan kakaknya Roy untuk mengembangkan bakatnya.


Pada musim gugur tahun 1918, Walt mencoba melamar untuk masuk militer. Ia ditolak karena umurnya waktu itu baru enam belas tahun. Ia kemudian bergabung di Palang Merah dan dikirim ke Prancis. Ia bekerja di sana selama setahun, menjadi pengemudi Ambulans. Mobil ambulansnya dihiasi banyak gambar kartun!

Sekembalinya dari Prancis, ia mulai berkarir di bidang seni periklanan. Ia mendirikan perusahaan kecil dengan nama Laugh-O-Grams, Sayang perusahaan itu bangkrut. Walt berangkat ke Hollywood hanya dengan membawa kopor dan uang duapuluh dolar untuk memulai kehidupan baru.

Setelah sukses dengan "Alice Comedies," Walt menjadi tokoh yang mulai dikenal di Hollywood. Pada tanggal 13 Juli1925 Walt menikah dengan sekretarisnya, Lillian Bounds, di Lewiston, Idaho. Mereka kemudian dikaruniai dua anak perempuan, Diane dan Sharon.

Tokoh Disney yang paling terkenal. Mickey Mouse, diciptakan Walt pada tahun 1930-an, walaupun sebenarnya ide  tokoh Mickey sudah ada ketika ia bekerja di Laugh-O-Grams. Semula tokoh itu diberi nama Mortimer, namun Lillian, isteri Walt mengganti namanya menjadi Mickey. Walt sendiri menjadi pengisi suara Mickey hingga tahun 1947.

Pada tanggal 21 Desember 1937, Snow White and the Seven Dwarfs, film panjang animasi musikal yang pertama, diputar perdana di Carthay Theater di Los Angeles. Film ini masih dianggap sebagai salah satu monumendalam industri perfilman. Dalam lima berikutnya Walt Disney Studios kemudian membuat film-film klasik lainnya seperti Pinocchio, Fantasia, Dumbo, dan Bambi.

Mimpi Walt Disney akan sebuah taman hiburan yang bersih dan teratur, terwujud ketika Disneyland Park dibuka pada tahun 1955. Walt juga menjadi pelopor dalam dunia pertelevisian. Disney mulai membuat acara televisi pada 1954 dan merupakan salah satu yang pertama menampilkan acara televisi berwarna dengan Wonderful World of Color pada 1961.

Walt Disney adalah legenda, pahlawan hiburan pada abad 20. Kepopulerannya di seluruh dunia didasari pada imajinasi, optimisme, kreasi dan  menciptakan kesuksesan dengan tangannya sendiri. Ia membawa kita ke masa depan sambil menceritakan masa lalu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar