Mencari Sekolah untuk Balita



Berikut ini beberapa faktor penting untuk anda pertimbangkan ketika mencari pra sekolah, Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar yang cocok untuk anak anda.
  • Apakah diberikan perhatian kepada perkembangan dan gaya belajar individual anak?Apakah lingkungannya hangat, penuh kasih sayang dan suportif?
  • Apakah para guru tampak memahami anak-anak dan senang bersama mereka?
  • Apakah ada kesempatan belajar melalui eksplorasi, eksperimentasi, observasi, membangun, otak-atik, drama, dan aktivitas tangan?
  • Apakah ada kesempatan anak-anak aktif dan menggunakan keahlian motorik kasar dalam proses belajar atau mereka diharuskan duduk di bangku dan menyelesaikan tugas yang sesuai untuk anak-anak yang lebih besar  (misalnya  tuntutan mengerjakan banyak tugas yang tergantung pada keahlian visual dan motorik halus)?
  • Apakah anak-anak bebas  belajar dan menentukan kecepatan belajar mereka sendiri atau ada program pra membaca dan matematika yang kaku?
  • Apakah penekanannya pada learning by doing atau pada pengerjaan lembar kerja atau tes?Apakah ada kebebasan bagi perkembangan dan ekspresi individu atau ada atmosfir kompetitif dengan penekanan pada perolehan nilai dan mendapatkan jawaban yang “benar”?
  • Apakah anak-anak diberi kesempatan untuk mengintegrasi bahasa oral/percakapan, menulis cerita mereka sendiri (dengan dikte atau ejaan kata ciptaan sendiri) dan mendengarkan bacaan untuk hiburan?  Ataukah anak-anak terpaku pada program yang terbatas yang terfokus pada “kerapian menulis”?

Pastikan anda mengunjungi dan mengobservasi sekolah manapun yang anda pertimbangkan untuk anak anda. Jangan hanya mengandalkan pengalaman orang lain atau pendapat tetangga anda mengenai program yang paling sesuai untuk anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar