Menguap Ternyata Baik Untuk Otak



Kita selalu menganggap menguap merupakan tanda bahwa kita mengantuk, bosan, gelisah, dan tidak tertarik. Ternyata bukan cuma itu. Menguap adalah salah satu fungsi tubuh yang penting, yang membantu otak berfungsi dengan lebih baik dan menjaga suhu otak yang optimal.

Menurut para peneliti di New York University di Birhamton, menguap adalah cara tubuh untuk mengatur keseimbangan suhu sehingga kita dapat berpikir dengan lebih baik. Itulah sebabnya banyak orang merasa perlu menguap ketika berada di ruangan yang panas, baik mereka lelah secara fisik maupun tidak.

Penelitian itu menyebutkan bahwa menguap adalah sebuah proses menambah energi yang memungkinkan tubuh melakukan transisi dari satu kondisi ke kondisi lain, misalnya dari tidur ke kondisi terjaga.

Menurut Andrew Gallup, penulis penelitian ini, kurang tidur dapat menyebabkan suhu tubuh dan juga suhu otak meningkat, jadi mungkin memang ada hubungan antara menguap dan mengantuk.

Selain  menyarankan untuk mengatasi kurang tidur dengan lebih banyak tidur, Gallup juga yakin melakukan hal-hal yang menyejukkan tubuh seperti mandi air dingin atau berenang di kolam, juga akan membantu mengurangi kebutuhan menguap.


Menurut sebuah artikel yang terbit pada Januari 2010, menguap juga dihubungan dengan peningkatan dopamine, zat kimia otak yang berurusan dengan kebahagiaan dan hubungan dengan orang lain. Dopamine meningkat sebagai respon tubuh pada kegiatan menguap dan sebaliknya, memberi kita perasaan bahagia dan perasaan terhubung dengan orang-orang di sekitar kita.

http://www.naturalnews.com/029659_yawning_medicine.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar