Membesarkan Anak Kembar



Melahirkan anak kembar adalah tantangan ganda sekaligus kesenangan ganda. Membesarkan  anak kembar memberikan lebih banyak stres kepada ibu karena harus merawat dua anak pada waktu bersamaan.   

Tip berikut ini dapat membantu anak merawat anak kembar anda

Pengetahuan
Dapatkan informasi tentang merawat anak kembar. Anda bisa belajar dari mana saja, membaca buku, membuka internet, atau  belajar dari ibu-ibu lain yang juga memiliki anak kembar

Jadwal
Merawat satu bayi sering membuat ibu kewalahan. Merawat dua bayi sekaligus membutuhkan lebih banyak waktu dan energi . Buatlah jadwal agar bayi dapat menyusui dan tidur bersamaan. Lambat laun bayi-bayi anda akan beradaptasi dan memudahkan anda merawat mereka.  Jadwal yang tepat akan sangat membantu anda dan banyak mengurangi stres.

Menyusui
Anda dapat menyusui kedua bayi bersamaan, namun ini membutuhkan koordinasi dan kesabaran. Saran yang lebih baik adalah menyusui satu bayi dan memberikan susu botol kepada bayi yang lain.

Bukan sepasang, tetapi dua anak yang unik
Walaupun anda harus memberikan perhatian dan kasih sayang yang sama kepada kedua anak anda, perlakukan anak-anak  anda bukan sebagai sepasang anak kembar tetapi sebagai dua individu yang unik. Masing-masing anak memiliki kebutuhan yang berbeda.

Kadang-kadang orang tua perlu memberikan perawatan yang berbeda di antara kedua anak. Ajarkan anak-anak untuk memahami indivualitas mereka masing-masing dan menyukainya. Anda dapat mengajarkan anak memahami, “Ayah dan Bunda tidak memperlakukan aku sama persis dengan saudara kembarku, karena aku unik. Aku dan saudara kembarku adalah anak yang berbeda.”

Atau ketika salah satu dari mereka sakit dan membutuhkan lebih banyak perhatian, ajarkan anak untuk memahami, “Bunda harus menemani saudaraku karena sekarang ia sedang sakit, sedangkan aku sehat.”

Anak kembar tidak selalu harus bersama-sama
Setelah mereka lebih besar, biarkan masing-masing anak  memilih aktivitas yang disukai.  Biarkan mereka memiliki kelompok teman yang berbeda. Hal ini akan membantu anda mengatasi persaingan dan perbandingan di antara keduanya.

Sesekali memisahkan anak kembar juga sangat bermanfaat. Luangkan waktu sesekali hanya bersama satu anak. Aktivitas terpisah dari saudara kembarnya  akan mendorong anak membuat keputusan yang independen.

Jangan membandingkan
Anak kembar sudah sering merasa dibanding-bandingkan oleh orang-orang di sekitar mereka. Orang-orang sering sulit membedakan anak kembar sehingga mereka menggunakan  ciri-ciri anak yang bukan bersifat fisik.  Misalnya, “Si Andi yang itu, yang jago main bola. Si Andre  ngga bisa main bola.” Komentar itu tidak memiliki maksud buruk, namun sering menyakiti anak kembar, terutama anak yang kurang berbakat dibandingkan kembarannya.
Bagaimana perasaan anak bila anda mengatakan, “Kamu kok ngga rajin belajar seperti saudara kembarmu?”

Penghargaan  dan sanksi individual
Berikan penghargaan dan sanksi kepada anak yang bersangkutan, bukan kedua anak. Jika salah satu anak diberi sanksi sebagai akibat  perilaku saudara kembarnya, dampak yang timbul akan terbawa hingga ia  besar.

Sumber:
http://thetwinsource.com/index.php/en/twin-life/school-days/169-ashley-on-comparing-twins

Gambar: http://www.picturesof.net/_images_300/Young_Mother_Carrying_Twins_Vector_Clip_Art_Illustration_Picture_111110-104046-413001.jpg

1 komentar:

  1. Saye ad kmbar.. kmbar sye dpat 8A dlm pt3.. tpi sye dpat 1A .. berbezakn? tpi, hati sye sakit ble ibu sye hnya mncium kmbar sye itu shaja.. sakit sgat

    BalasHapus