Menenangkan Bayi yang Menangis Bagian 2


Penanganan bayi menangis tergantung dari penyebabnya. Namun bila Anda tidak tahu pasti apa penyebabnya, cobalah cara-cara berikut:
  • Berikan ASI atau susu formula
  • Bantu bayi bersendawa
  • Pastikan pakaian bayi tidak terlalu ketat
  • Jaga bayi tidak kepanasan atau kedinginan

Bila Anda tidak tahu apakah bayi menangis karena lapar atau popok yang harus diganti, atau mengungkapkan keinginan untuk dipeluk, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini:
Peluk bayi Anda
Apa pun penyebab bayi menangis, dipeluk seseorang yang hangat dan menenangkan memberikan rasa aman dan dapat menghentikan tangisnya.
Berikan ASI
Menyusui bayi bukan hanya memberi makan bayi, tapi juga membuatnya nyaman
Membedong bayi
Pada tiga hingga empat bulan pertamanya, banyak bayi merasa nyaman ketika kembali merasakan suasana di dalam rahim.
Bergerak
Bayi suka gerakan berulang ritmik seperti berayun, maju mundur, menari atau naik mobil dan biasanya menenangkan bayi yang menangis atau bahkan membuatnya tertidur.
Berikan sesuatu untuk dihisap
Berikan ASI, bila Anda tidak dapat menyusui bayi Anda, berikan dot atau pacifier  atau jarinya sendir atau jari Anda untuk dihisap
Musik
Musik yang lembut dapat menenangkan bayi. bernyanyi untuk bayi dapat menghentikan tangisnya. Bayi suka mendengar suara Anda. Selain itu Anda dapat memutar musik. Lakukan eksperimen dengan berbagai jenis musik untuk mencari musik apa yang disukai bayi Anda.
Pijatan
Bayi suka disentuh dan dibelai, maka pijatan adalah cara yang baik untuk menghentikan tangis bayi yang rewel. Salah satu pijatan yang disukai bayi adalah tepukan ritmik pada punggung dan bokongnya.
Alihkan perhatian
Kadang-kadang aktivitas baru atau perubahan tempat dapat menenangkan bayi yang menangis. Ajak bayi berjalan-jalan di luar rumah atau menari dengan iringan musik atau mandi dapat Anda pilih.

Sumber: http://www.webmd.com

Mengapa bayi menangis?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar