Menenangkan Bayi Yang Menangis Bagian 1


Bayi menangis setiap saat. Beberapa bayi menangis lebih sering dari bayi lainnya, tapi pada dasarnya semua bayi menangis. Mengapa? Karena bayi tidak dapat berbicara. Seperti semua manusia, bayi juga memiliki kebutuhan dan keinginan, tapi belum dapat mengutarakannya, jadi hanya menangislah cata bayi mengatakan bahwa ia membutuhkan bantuan.

Tiap bayi memiliki temperamen yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat beberapa sebab tangisan bayi seperti bayi itu sedang berbicara kepada Anda. Anda akan mengenali sebab bayi menangis dan Anda dapat menenangkannya. Tentu saja kita tidak selalu tahu mengapa bayi menangis.

Mengapa bayi menangis?

Lapar
Bila bayi terakhir makan atau menyusu tiga atau empat jam yang lalu, dan ia menangis, kemunginan besar ia lapar.

Lelah
Tanda bayi lelah adalah aktivitasnya berkurang, kehilangan minat pada orang dan mainan, menggosok-gosok mata, pandangannya kosong dan menguap. Bayi menangis, karena sudah waktunya ia tidur.

Tidak nyaman
Ketika bayi merasa tidak nyaman karena kepanasan, kedinginan atau basah, biasanya bayi menangis dengan melengkungkan tubuhnya seolah ingin menyingkir dari penyebab rasa tidak nyaman itu.

Rasa sakit
Rasa sakit menyebabkan tangis mendadak dan melengking. Tangisan dapat berkepanjangan disela jeda-jeda ketika bayi mengambil nafas. Periksa tubuh bayi untuk mencari sumber rasa sakit. Periksa juga suhu tubuh bayi.

Bayi sakit
Tangis lemah disertai erangan  bisa jadi merupakan tanda bahwa bayi Anda sakit. Ia ingin mengatakan bahwa ia merasa tidak enak badan. Bila bayi tampak sakit, segera hubungi dokter.

Frustrasi
Bayi sedang belajar mengendalikan tangan dan kakinya. Ia mungkin ingin meraih sesuatu tapi tubuhnya tidak mau bekerja sama. Bayi menangis karena frustrasi. Sedikit bantuan mungkin dapat menghentikan tangisnya.

Kesepian
Bila bayi tertidur ketika sedang menyusu dan Anda memindahkan.nya ke box bayi, tapi ia terbangun dan menangis. Bayi mungkin ingin mengatakan bahwa ia kehilangan pelukan Anda dan tidak mau sendirian. Peluklah bayi hingga ia kembali tidur

Takut
Ketika bayi menangis ketika digendong oleh orang yang baru ditemuinya, ia berusaha mengatakan bahwa ia merasa takut. Ambillah bayi kembali ke pelukan Anda dan jelaskan bahwa bayi Anda membutuhkan waktu untuk berkenalan dengan orang baru. Cobalah agar mereka saling mengenal sementara Anda menggendong bayi Anda

Bosan
Anda sedang mengobrol dengan seorang teman, sementara  bayi Anda duduk selama beberapa menit. Bayi mulai menangis, merengek dan rewel, padahal ia tidak lapar, lelah atau merasa tidak nyaman. Bayi mungkin mengatakan bahwa ia bosan. Geserlah kursi bayi Anda sehingga ia dapat melihat hal-hal baru atau berikan mainan yang bisa dipegangnya.

Colic
Bila bayi menangis tanpa bisa didiamkan selama periode yang panjang tiap hari, mungkin ia mengalami colic. Bayi yang mengalami colic akan menangis selama beberapa jam dalam sehari, biasanya pada malam hari. Bayi baik-baik saja pada waktu-waktu lain pada hari itu. Mereka makan dengan baik dan perkembangannya pun normal. Penyebab colic tidak diketahui, namun salah satu teori adalah hal itu adalah cara pelampiasan bayi setelah pengalaman dan stimuli baru sepanjang hari. Colic terjadi ketika bayi berusia dua bulan dan biasanya hilang sendiri ketika usia bayi empat bulan.

Sumber: http://www.webmd.com

Lihat Menenangkan Bayi yang Menangis Bagian 2 - cara menghentikan tangis bayi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar