Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 4 – Memuji Pun Ada Caranya

Artikel  50 Easy Ways to Be a Fantastic Parent, yang isinya berbagai tips untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan saehat dimuat pada Parents Magazine edisi Desember 2008.  Kami menulisnya kembali dalam beberapa artike sesuai dengan topiknya. Simak yuk, tips untuk memberi pujian kepada anak.

Berikan pujian yang pas. Jangan hanya katakan “Kamu hebat”, cobalah mengatakan secara spesifik tentang hal yabg dilakukan anak Anda sehingga layak menerima umpan balik positif. Anda dapat mengatakan, “Kamu mau menunggu sampai Ibu selesai menelepon. Ibu senang sekali melihat kamu sabar menunggu.“

Rayakan hal-hal yang baik. Ketika melihat anak Anda melakukan sesuatu yang baik atau membantu, beri tahukan apa yang Anda rasakan. Cara ini sangat baik untuk memperkuat perilaku yang baik dan anak Anda akan sering melakukannya lagi.


Gosipkan  anak-anak Anda. Fakta: Apa yang kita dengar tanpa sengaja jauh lebih berpotensi daripada apa yang kita dengar secara langsung. Buatlah pujian lebih efektif dengan membiarkan anak Anda mendengar Anda berbisik tentang dirinya kepada Nenek, Ayah bahkan Anda juga dapat membisiki boneka beruangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar