Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 5 - Percaya Kepada Diri Anda Sendiri

Artikel  50 Easy Ways to Be a Fantastic Parent, yang dimuat pada edisi Desember 2008 berisi berbagai tips membesarkan anak-anak yang bahagia dan sehat  Kami menulisnya kembali dalam beberapa artikel sesuai dengan topiknya. Anda dapat membaca  tips bagaimana mempercayai diri sendiri sebagai orang tua.


Ijinkan diri Anda beristirahat. Sesekali mengajak keluarga  makan di luar ketika Anda terlalu lelah untuk memasak tidak membuat Anda menjadi orang tua yang buruk.

Percayai naluri Anda sebagai ibu. Tak seorangpun mengenal anak Anda lebih baik  dari Anda sendiri. Ikuti insting Anda ketika berhadapan dengan masalah kesehatan dan kesejahteraan anak Anda. Bila Anda merasa ada sesuatu yang salah, biasanya Anda benar.

Katakan saja “Tidak.” Tahan diri Anda untuk tidak untuk mengambil tanggung jawab ekstra di kantor atau menjadi ratu relawan di sekolah anak Anda. Anda tidak akan menyesali menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak-anak Anda.

Jangan menerima perlakuan tidak hormat dari anak Anda. Jangan pernah biarkan ia bersikap kasar atau mengatakan hal-hal yang menyakitkan kepada Anda atau orang lain. Bila anak Anda melakukannya, katakan padanya dengan tegas bahwa Anda tidak akan mentolerir sikap tidak hormat.

Sampaikan rencana  Anda. Gerakkan pengasuh lain dalam kehidupan anak Anda – pasangan, kakek nenek, pengasuh di penitipan anak, babysitter -  untuk membantu memperkuat nilai-nilai dan perilaku yang ingin Anda tanamkan pada anak. Ini mencakup segala hal seperti  mengucapkan terima kasih, bersikap baik hati, sampai tidak merengek.

Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar