Semua Bayi Lahir "Prematur"

Kepala bayi disiapkan untuk dapat melalui jalan lahir. Selain itu, tubuh dan rahim ibu tidak dapat menahan berat badan bayi bila tumbuh lebih besar lagi. Ini artinya bayi lahir dengan otak yang belum berkembang sempurna, yang hipersensitif terhadap stimulus.

Salah satu teori populer menjelaskan bahwa tiga bulan pertama setelah bayi lahir setara dengan trimester keempat yang mungkin menjadi alasan mengapa bayi suka dibungkus rapat dan merespon baik pada white voice (suara berisik seperti yang didengar bayi di dalam kandungan). Kandungan bunda bukan tempat yang sunyi senyap. Bayi dapat mendengar detak jantung ibu dan berbagai proses lain dalam tubuh ibu. Bayi baru lahir sering tertidur setelah mendengar suara berisik yang konstan seperti yang ia dengar di dalam rahim.

Teori lain menjelaskan bahwa manusia dirancang menjadi spesies yang sosial dan kultural dan dilahirkan lebih awal akan memberi kesempatan pada otak bayi untuk menyerap berbagai kesan dan inderawi dari pengalaman dibesarkan oleh sekelompok orang.

Sumber: http://mentalfloss.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar