Mitos Orang Tua Baru


Apakah Anda orang tua baru? Kalau ya, Anda akan berhadapan dengan berbagai situasi yang sering membuat Anda bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Sejak Anda melahirkan, sampai anak masuk sekolah, Anda akan menerima berbagai saran dan nasihat. Begitu banyaknya nasihat itu sering membuat Anda ragu, apakah Anda sudah melakukan hal yang benar untuk bayi Anda. Itu belum termasuk banyak mitos yang disebarkan orang seolah informasi itu sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah.
Berikut ini beberapa mitos yang tidak benar dan fakta sebenarnya
Bayi yang baru lahir mungkin akan rewel terus sampai ia merasa nyaman
Faktanya, bayi akan menangis bila merasa tidak nyaman, misalnya karena lapar, kelelahan, popoknya perlu diganti atau kepanasan. Itu alamiah, karena bayi belum dapat mengungkapkannya secara verbal. Menangis adakah cara bayi mengatakan apa yang ia rasakan. Anda harus mengamati petunjuk yang diberikan bayi. Kebutuhan ini akan berlangsung selama beberapa waktu sehingga Anda perlu  memperhatikan kebutuhan bayi.
Bayi tidur sepanjang waktu
Benar. Bayi tidur hampir sepanjang hari, tapi durasinya tidak lama. Kebanyakan bayi tidur selama 15 menit sampai 2 jam tiap kali, dan mereka akan bangun pada waktunya makan. Waktu yang dihabiskan bayi untuk tidur 15-17 jam sehari.
Bayi menarik telinga? Itu tanda ia mengalami infeksi telinga
Bayi suka menarik-narik telinganya tanpa alasan yang jelas. Ia  hanya suka melakukannya karena mungkin menyenangkan baginya. Ia  tertarik dan ingin tahu tentang telinganya. Dokter anak mengatakan, bayi yang mengalami infeksi telinga tidak akan bermain-main dengan telinganya karena sakit.
Anda memanjakan bayi karena terlalu banyak menggendongnya.
Bayi memerlukan banyak sentuhan dari orang tuanya. Sentuhan orang tua membuat bayi merasa aman, terutama pada bulan-bulan pertama. Ketika bayi tumbuh menjadi balita, rasa ingin tahu mereka akan dunia sekitar juga tumbuh, dan ia bereksplorasi secara independen.
Ibu menyusui harus menjaga makanannya
Indera perasa bayi berkembang sejak masih dalam kandungan. Ketika sang ibu mekan beraneka jenis makanan, bayi juga mengembangkan seleranya. Tapi  ibu perlu berhati-hati dengan makanan yang alergenik seperti gluten atau gandum, produk sus atau kedelai. Sayuran seperti bawang merah juga dapat menyebabkan colic pada bayi. sebagian ibu menyusui juga menghindari buah-buahan jenis jeruk (citrus) dan rempah-rempah. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk saran diet Anda
Bayi seharusnya tidur sepanjang malam.
Sebagian bayi adalah makhluk malam, mereka tidak tidur di malam hari. Mereka mengikuti jam biologis ibunya ketika hamil. Bila  Anda sering begadang pada malam hari ketika sedang mengandung, bayi Anda mungkin juga akan terjag di malam hari. Bahkan bila bayi Anda tidur di malam hari, bayi mungkin akan bangun pada waktu yang sama dengan waktu Anda bangun ketika hamil. Di samping jam biologis sang ibu,  bayi juga mempunyai kebutuhan untuk merasa nyaman ditemani sang ibu.

Sumber: http://www.momjunction.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar