Permen Karet Meningkatkan Memori


Tidak ada yang tahu mengapa, tapi penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet meningkatkan memori. Sebuah penelitian di Inggris pada 2002 menemukan bahwa para pengunyah permen karet mempunyai performansi yang jauh lebih baik dari orang yang mulutnya kosong dalam tes yang membutuhkan memori jangka panjang dan jangka pendek.
Dalam sepuluh tahun selanjutnya, peneliti berusaha mencari mengapa atau bagaimana hal  itu terjadi. Beberapa variasi pada penelitian penting tentang efek mengunyah permen karet pada kognisi memperoleh hasil nol, yaitu permen karet sama sekali tidak mempengaruhi performa. Sementara kebanyakan penelitianlain menemukan efek yang kecil tapi bermakna.
Para peneliti beragam hipotesis untuk menjelaskan peningkatan memori itu. Mungkin  mengunyah permen karet hanya membuat cairan tubuh mengalir karena peningkatan detak jantung, atau tindakan itu mempengaruhi fungsi bagian otak yang disebut hipokampus dengan menyebabkan tubuh melepaskan insulin seperti sedang menyiapkan diri menerima makanan. Apa pun alasannya, mengunyah permen karet meningkatkan fungsi mental Anda.
Sumber: http://www.livescience.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar