Bagaimana Kasih Sayang Ibu Mengubah Otak Anak

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa merawat anak sejak bayi menyebabkan anak memiliki hippocampus yang lebih besar. Hippocampus adalah bagian otak yang penting untuk pembelajaranm memori dan respon stres.
Sebelumnya, penelitian pada anak tikus menunjukkan bahwa suport maternal berdampak positif pada pertumbuhan hippocampus  produksi sel-sel otak dan kemapuan menghadapi stres.
Penelitian pada manusia menemukan koneksi antara pengalaman sosial pada usia dini dengan volume amygdala yang membantu mengatur proses dan memori dari reaksi emosional.
Banyak penelitia juga menunjukkan bahwa anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang penuh kasih sayang mencapai prestasi yang lebih baik di sekolah dan lebih berkembang secara emosional dibandingkan anak-anak sebaya mereka yang kurang mendapat kasih sayang.
Gambar-gambar otak dalam penelitian juga menunjukkan kasih sayang ibu secara fisik mempengaruhi volume hippocampus. Anak-anak dari ibu yang penuh kasih sayang memiliki volume hippocampus 10% lebih besar daripada anak-anak dari ibu yang tidak banyak memberikan kasih sayang. Hasil penelitian menunjukkan hippocampus yang lebih besar dan memori yang lebih baik.

Sumber: http://www.livescience.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar