Fakta tentang Otak Anak Anda





Bantu anak-anak tumbuh dan belajar dengan menyediakan pengalaman yang memperkaya, yang meningkatkan kemampuan otak. Berikut ini fakta tentang otak anak:





  1. Masa anak-anak adalah kunci. Sebagian besar koneksi sel-sel otak terbentuk sebelum anak berusia 10 tahun. Pada masa ini juga saat yang paling baik bagi anak untuk mempelajari bahasa. Gunakan bahasa yang kaya dengan anak untuk mengembangkan kosa katanya.
  2. Otak membangun dirinya berdasarkan pengalaman indera yang berulang-ulang. Bagian otak yang mengelola bahasa berkembang pesat dengan adanya interaksi dengan orang lain karena otak dapat menghubungkan kata-kata dengan obyek dan pengalaman
  3. Gerakan tubuh menggerakkan otak. Tubuh yang aktif mendorong otak yang aktif pula, membuat pembelajaran yang melibatkan praktik langsung.
  4. Stres mengganggu pembelajaran. Cortisol adalah hormon yang merusak koneksi pada bagian otak yang mengelola pembelajaran dan memori. Anda tidak dapat melindungi anak dari semua stresor (penyebab stres), tapi relasi yang erat antara anak dengan Anda dan orang dewasa lain akan membantu anak belajar mengatasi stres dan merasa senang terhadap dirinya sendiri.
  5. Musik meningkatkan pembelajaran. Menyanyi, mendengarkan musik, bermain musik meningkatkan orientasi spasial dan berpikir matematis. Mempelajari rima meningkatkan kemampuan bahasa.
Sumber: http://www.scholastic.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar