Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 7 - Mengajarkan Anak Bersyukur

Artikel  50 Easy Ways to Be a Fantastic Parent dimuat di  Parents Magazine edisi Desember 2008.  Kami menulisnya kembali dalam beberapa artikel sesuai dengan topiknya. Kali ini kami memuat tips mengajarkan anak bersyukur.

Tunjukkan kepada anak bagaimana menjadi warga negara yang baik.  Cari cara untuk membantu orang lain sepanjang tahun. Harga diri anak akan meningkat dengan menjadi relawan dalam masyarakat, anak akan merasa dirinya berharga.

Jangan menjadikan  buah hati Anda anak yang manja. Simpan dalam pikiran Anda: Tiap anak adalah harta yang berharga, tapi tak seorang anak menjadi pusat dunia. Ajarkan demikian kepada anak Anda

Bicarakan apa artinya menjadi orang yang baik. Mulai sedini mungkin. Ketika membacakan cerita, tanyakan kepada balita Anda apakah tokoh cerita jahat atau baik dan tanyakan mengapa.

Jelaskan kepada anak mengapa nilai-nilai sangat penting. Jawabannya sederhana: bila kamu baik hati, murah hati, jujur, dan bersikap hormat, kamu membuat orang di sekitarmu merasa senang. Lebih penting lagi, kamu juga merasa senang dengan dirimu.


Ciptakan “lingkaran syukur” tiap malam pada saat makan malam. Bergiliran menceritakan orang-orang yang murah hati dan baik hati kepada masing-masing anggota keluarga hari itu. Kelihatannya tidak penting, ya? Tapi ini membuat semua orang merasa senang.


Baca juga:

Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 1 - Tetapkan Batasan dengan Cerdas
Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 2 – Waktu Berkualitas
Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 3 - Menjadi Contoh yang Baik
Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 4 – Memuji Pun Ada Caranya
Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 5 - Percaya Kepada Diri Anda Sendirij
Tips Menjadi Orang Tua Hebat Bagian 6 - Ajarkan Kemampuan Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar