Tips Untuk Orang Tua Baru


Kehadiran bayi membawa kebahagiaan baru untuk keluarga Anda. Namun perawatan bayi juga dapat membuat Anda kelelahan dan stres. Gunakan tips praktis berikut untuk menghadapi stres orang tua baru. Juga untuk Anda yang bukan pertama kali menyambut kehadiran bayi.

Perhatikan diri Anda sendiri
Jangan gunakan kopi sebagai makanan utama atau pengganti tidur. Makanlah makanan sehat, minum cukup air dan cari udara segar. Tidurlah pada saat buah hati Anda tidur. Atur jadwal perawatan bayi pada malam hari dengan pasangan sehingga Anda berdua dapat beristirahat dan merawat bayi. Kebiasaan yang baik akan membantu Anda menjaga energi yang Anda butuhkan untuk merawat bayi.

Tetapkan aturan kunjungan
Keluarga dan teman-teman pasti ingin mengunjungi dan melihat bayi baru Anda. Beri tahukan kepada mereka waktu yang tepat untuk berkunjung dan waktu yang Anda miliki untuk menerima kunjungan.
Minta pengunjung untuk mencuci tangan sebelum memegang bayi. Dan minta mereka yang sedang sakit untuk berkunjung lain kali.
Ijinkan orang yang dapat Anda percaya untuk merawat bayi sementara Anda beristirahat.

Ikuti arus
Sediakan cukup waktu tiap hari untuk merawat bayi, tidur dan menenangkan bayi yang menangis. Minimalkan aktivitas terjadwal. Bila Anda perlu pergi ke luar rumah, luangkan waktu ekstra untuk menyiapkan keperluan Anda dan mengganti popok pada menit-menit terakhir.

Siapkan diri Anda untuk emosi yang naik turun
Anda mungkin mengagumi bayi Anda dan merasa sangat bahagia, namun beberapa saat kemudian Anda menyesali hilangnya kebebasan Anda dan cemas akan kemampuan Anda merawat bayi yang baru lahir.
Kemungkinannya adalah Anda dan pasangan sangat lelah dan cemas.
Untuk mengatasinya, Anda berdua harus selalu terhubung, membicarakan hal-hal yang membuat Anda khawatir, seperti keuangan yang terbatas atau kesulitan menenangkan bayi. Tertawa bersama mungkin dapat meringankan mood Anda.

Turunkan standar Anda
Biarkan saja rumah tidak terlalu rapi. Letakkan pakaian bersih di keranjang cucian atau tumpuk di lantai.  Pendeknya, tinggalkan pekerjaan yang tidak terlalu penting. Siapkan makan malam sederhana bila Anda terlalu lelah untuk memasak.

Pergi ke luar rumah

Bila Anda merasa frustrasi dengan bayi yang rewe, bawa bayi berjaan-jalan. Anda dapat meninggalkan bayi sejenak bersama orang yang dapat Anda percaya.
Terima Bantuan orang lain.
Bila ada teman atau keluarga menawarkan untuk membantu, terimalah dengan senang hati. Anda dapat menerima bantuan untuk menggendong bayi, melipat pakaian, atau melakukan pekerjaan lain, apa pun yang akan meringankan Anda.

Bina relasi Anda

Bayi Anda memerlukan perhatian dan kasih sayang Anda, tapi Anda tidak akan mengecewakan bayi dengan meluangkan waktu dengan orang lain.
Bila Anda mempunyai anak-anak lain, atur waktu berdua dengan mereka masing-masing. Atur kencan berdua dengan pasangan. Pergi menemui teman Anda, atau menonton film di bioskop.

Jaga perspektif Anda

Masa bayi tidak berlangsung lama. Nikmatilah.


Sumber: http://www.mayoclinic.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar