Tips Tentang Makanan dan Anak-anak


Bagaimana mengajarkan anak-anak dan Anda sendiri makan dengan sehat. Ikuti tips berikut ini untuk mendorong anak-anak Anda makan dengan benar dan berat badan yang sehat.

Orang tua mengendalikan persediaan makanan. Anda memutuskan makanan apa yang harus dibeli dan kapan menyajikannya. Anak-anak biasanya menginginkan makanan yang kurang bergizi. Orang tualah yang memilih makanan apa yang ada di rumah. Anak-anak tidak akan kelaparan, mereka akan menyantap makanan yang tersedia di lemari makan dan lemari es. Bila makanan favorit mereka tidak bergizi, Anda dapat membelinya sekali-sekali.

Dari  makanan yang Anda sediakan, anak-anak dapat memilih makanan yang mereka inginkan. Anda dapat meminta masukan dari mereka. Susun jadwal makanan utama dan snack. Biarkan anak-anak memilih dari  makanan yang Anda sediakan. Bila Anda mengikuti aturan pertama, anak-anak akan memilh hanya dari makanan yang Anda beli dan sajikan.

Kebiasaan “makan sampai piringmu bersih” tidak selalu harus diikuti. Biarkan anak berhenti makan bila mereka sudah merasa cukup. Banyak orang tua menerapkan aturan piring bersih, tapi kebiasaan itu tidak membantu anak-anak mendengarkan tubuh mereka sendiri ketika merasa kenyang. Biala anak-anak memperhatikan dan merespon perasaan kenyang, mereka tidak akan terlalu banyak makan.

Mulailah sedini mungkin. Pilihan makan berkembang dari dini, jadi tawarkan beragam makanan. Suka atau tidak suka pada makanan tertentu sudah terbentuk sejak bayi. Anda mungkin perlu menyajikan makanan baru berkali-kali hingga anak dapat menerimanya. Jangan memaksa anak makan, tapi tawarkan beberapa suap. Untuk anak yang lebih besar, mintalah mereka mencoba sesuap.

Tulis ulang menu untuk anak-anak. Ketika makan di luar, biarkan anak-anak mencoba makanan baru dan mungkin Anda akan terkejut melihat mereka mau bereksperimen. Anda dapat mulai dengan memcoba sedikit dari makanan yang Anda pesan atau memesankan mereka makanan pembuka untuk dicoba.

Hitung kalori minuman. Soda dan minuman manis lain menyimpan lebih banyak kalori. Air dan susu adalah minuman terbaik untuk anak-anak. Jus murni juga baik tapi anak-anak tidak memerlukan banyak jus. 120-180 ml jus sehari cukup untuk anak pra sekolah.

Simpan makanan manis di tempatnya. Sesekali makan yang manis-manis bukan masalah, tapi jangan jadikan makanan penutup sebagai alasan untuk makan malam. Bila makanan penutup menjadi hadiah karena makan malam, anak-anak akan lebih memilih kue-kue daripada sayuran.

Makanan bukan kasih sayang. Cari cara yang lebih baik untuk menyatakan “Aku sayang padamu”. Bila Anda menggunakan makanan sebagai hadiah atau menunjukkan kasih sayang, anak-anak akan menggunakan makanan untuk mengatasi stres dan emosi-emosi lain. Berikan pelukan, pujian dan perhatian, bukan makanan.

Anak-anak mengikuti jejak Anda. Jadilah contoh yang baik dengan kebiasaan makan yang sehat. Pilihlah snack yang bergizi, makan di meja makan dan selalu makan makanan utama.

Batasi waktu menonton TV dan menggunakan komputer. Bila Anda melakukannya, Anda dapat menghindari anak-anak makan snack yang tidak berarti dan mendorong mereka beraktivitas. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan waktu menonton TV akan mengurangi persentase lemak tubuh. Ketika waktu menonton TV dan menggunakan komputer dibatasi, anak-anak akan menemukan lebih banyak aktivitas.


Sumber: http://kidshealth.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar