Tips Untuk Orang Tua Anak Pra-sekolah Bagian 1

Anak pra-sekolah menpunyai energi yang sangat besar, yang perlu disalurkan dengan pembelajaran yang positif. Penelitian menunjukkan bahwa  90% persen perkembangan otak terlengkapi pada usia 5 tahun. Ini saatnya Anda membantu pertumbuhan dan  perkembangan anak. Pembelajaran dimulai di rumah, berikut ini beberapa tips parenting efektif untuk anak pra sekolah.

Tingkatkan kemampuan komunikasi anak Anda
Anak perlu mempelajari kemampuan komunikasi di pra-sekolah untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu anak berinteraksi dengan guru dan teman-temannya.

Ajari anak menjadi pendengar yang baik
Tidak seperti di rumah, anak harus diam dan mendengarkan gurunya di pra-sekolah. Anak Anda mungkin tidak terbiasa diam di satu tempat dalam jangka waktu lama dan mendengarkan apa yang dikatakan kepadanya. Penting bagi orang tua untuk membiasakan anak usia pra sekolah  berdiam diri dan mendengarkan.   Bagaimana caranya? Bacakan cerita yang menyita perhatiannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berikan instruksi
Anak Anda mungkin berusia 4 atau 5 tahun sekarang dan siap menerima instruksi dari Anda atau gurunya.Praktikkan berbagai permainan yang membutuhkan Anda memberikan insruksi atau langkah—langkah yangh harus diikuti anak Anda untuk menyelesaikan permainan. Hal ini akan membantu anak mengikuti instruksi dengan benar

Dorong aktivitas dalam kelompok
Sebagian aktivitas di Taman Kanak-kanak mengharuskan anak-anak melakukan kegiatan dalam kelompok kecil. Anda dapat mengundang balita dan anak-anak usia prasekolah di lingkungan Anda untuk menghadiri pesta kecil di rumah Anda atau hanya untuk bermain bersama. Dorong anak Anda bersosialisasi dengan anak-anak ini.

Latih kemampuan motorik anak Anda
Di pra sekolah, anak akan memegang pensil, menggunakan gunting, Crayon atau pensil warna. Anda dapat melatih anak Anda  untuk memperkuat kemampuan motoriknya dengan memberikan pensil untuk membuat corat coret, dorong anak menggambar atau mewarnai. Gunakan benda lain misalnya penjepit makanan dari plastik dan minta anak memindahkan benda kecil  dengan menjepitnya. Manik-manik dan benang tebal akan membantu melatih kemampuan motorik halus si kecil. Caranya? Minta anak membuat kalung atau gelang dari manik-manik. Anda tidak ingin anak Anda bermain dengan manik-manik? Gunakan sereal warna warni berbentuk cincin! Sereal ini aman bahkan mungkin anak tertarik untuk memakannya.

Biasakan anak dengan situasi pra sekolah
Ajak anak berkunjung ke pra sekolah sebelum ia mulai bersekolah di sana. Kenalkan anak dengan guru dan staf di sana. Biarkan anak Anda melungkan waktu bersama guru dan staf. Ajak anak berkeliling, tunjukkan di mana toilet, tempat mencuci tangan, lapanghan bermain dsb. Observasi anak berinteraksi dengan gurunya sehingga merasa aman ketika Anda harus meninggalkan sendiri di pra sekolah kelak

Klarifikasi keraguan yang mungkin mengganggu anak Anda
Masuk pra sekolah adalah pengalaman besar bagi anak Anda. Tidak heran bila anak menghadapi banyak keraguan. Bicarakan dengan anak tentang pergi ke pra sekolah dan buat anak merasa excited karena akan bersekolah untuk pertama kalinya. Persiapkan anak agar tgerbebas dari segala bentuk ketakutan dengan menjawab semua keraguan anak tentang pra sekolah dan pastikan Anda menghilangkan semua rasa takutnya.  

Buat anak Anda mandiri
Anak-anak yang dapat menjaga dirinya sendiri akan menjadi percaya diri, khususnya di pra sekolah. Anda dapat memotivasi anak Anda membersihkan hidung atau mulutnya dan membersihkan diri sendiri setelah buang air di toilet, dsb

Lengkapi anak dengan pakaian ganti
Pakaian Anak Anda bisa jadi basah atau kotor ketika mencuci tangan atau ketika bermain. Bawakan pakaian ganti di dalam tasnya sehingga anak dapat mengganti pakaiannya.

Berikan Riwayat medis anak kepada pihak sekolah
Dalam interaksinya dengan anak-anak lain di pra sekolah, anak dapat mendapat infeksi. Bila terjadi keadaan darurat pada anak Anda, pihak pra sekolah dapat melakukan tindakan cepat dengan adanya informasi medis yang sudah Anda berikan. Kadang-kadang pra sekolah mengadakan program kesehatan yang memerlukan informasi imunisasi anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar