Mengajarkan Anak Nilai-nilai Moral


Menjadi orang tua adalah tanggung jawab terbesar di dunia. Orang tua adalah guru pertama dan yang paling penting bagi anak.  Agar anak menjadi orang yang baik dan individu yang sukses di masyarakat, Anda harus mengajarkan prinsip hidup yang diterima baik oleh  masyarakat dan dikenal sebagai nilai-nilai moral. Nilai-nilai moral ini adalah tentang bagaimana perilaku seseorang dalam masyarakat dan berinteraksi dengan orang lain.
Berikut ini cara mengajarkan nilai-nilai moral:

Kejujuran
Mengajarkan kejujuran kepada anak-anak adalah bagian dari perkembangan moral dan kekuatan emosional mereka. Kualitas kejujuran membantu membentuk karakter dan harga diri yang kuat. Pelajaran kejujuran harus dipelajari sesuai usia anak. Ajarkan nilai kejujuran dengan pendekatan Lakukan seperti yang  Bunda lakukan, bukan Lakukan seperti yang Bunda katakan. Anak-anak akan mempelajari kejujuran dengan lebih mudah bila mereka melihat orang tua mereka juga selalu bersikap jujur.

Hormat
Hormat atau respek adalah salah satu nilai moral penting bagi anak-anak. Hormat tidak sama dengan patuh. Cara terbaik mengajarkan respek adalah menunjukkan respek. Ketika anak mengalami respek, ia akan tahu bagaimana rasanya dan mulai memahami pentingnya. Bersikap hormat akan membantu anak sukses dalam kehidupan. Bila anak tidak mempunyai respek terhadap teman, pihak berwenang dan dirinya sendiri, besar kemungkinan ia tidak akan berhasil.

Tanggung Jawab
Ajarkan nilai moral tanggung jawab. Buat Anak Anda bertanggung jawab dengan memberi tanggung jawab kecil sesuai umurnya. Hal ini akan menanamkan nilai tanggung jawab  dalam dirinya dan membantunya melanjutkan kebiasaan ini seumur hidupnya.

Welas Asih
Welas asih adalah gabungan antara merasakan untuk orang lain, ikut mengalami penderitaan dan tindakan positif untuk meringankan penderitaan orang lain.mengajarkan nilai moral ini membuat anak sadar akan dunia di sekitar mereka dan mengajarkan toleransi kepada kultur dan kepribadian yang berbeda dengan dirinya. Ini membantu anak menjadi lebih peka dan peduli. Pada akhirnya hal ini membantu anak mempunyai relasi yang lebih baik dengan orang lain. Berikan contoh dalam kehidupan Anda sehari-hari sehingga anak dengan mudah mempelajarinya.

Kesabaran
Kesabaran juga merupakan salah satu nilai moral yang penting. Kesabaran mengajarkan nilai menunda kepuasan, sebuah pembelajaran yang berguna hingga masa dewasa. Ajarkan kesabaran dengan memberikan contoh kepada anak. Hindari mengomel tidak sabar kepada anak, juga kepada orang lain. Bantu anak memahami bahwa ia perlu menunggu atau butuh waktu hingga kebutuhan atau permintaannya bisa dipenuhi.
Murah hati: 
Ajarkan nilai baik hati kepada anak Anda. Beri kesempatan kepada anak merasakan keajaiban karena memberi. Dorong anak membantu dan memberi kepada orang lain dan tanyakan perasaan yang dialaminya setelah memberi atau membantu orang lain. Ajarkan anak memberikan sumbangan kecil terutama untuk anak-anak. Ajarkan bahwa banyak orang yang lebih membutuhkan dan bagaimana cara membantu meringankan beban mereka. Anak nahkan dapat menyumbang dengan memberikan mainannya yang sudah tidak digunakan lagi kepada anak panti asuhan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar