Buah-buahan Yang Disarankan untuk Ibu Hamil

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan sangat penting baik bagi kesehatan bayi maupun ibunya. memasukkan buah-buahan daiam menu ibu hamil adalah sebuah cara sehat dan lezat untuk meningkatkan asupan nutrisi sang ibu,  juga membantu dalam tumbuh kembang bayi. Disarankan ibu hamil makan buah kira-kira 2 cangkir sehari. Ini meliputi buah segar, kalengan, dikeringkan atau beku, juga jus buah 100%.

Buah-buahan yang mengandung serat
Banyak wanita mengalami konstipasi selama kehamilan, yang membuat Anda merasa kembung dan tidak nyaman. Dengan memasukkan buah-buahan dalam diet Anda, Anda dapat menjaga gerakan usus besar yang teratur.  Diet tinggi serat juga dapat membantu mengurangi risiko wasir, yang sering terjadi pada saat hamil. Apel, pear, pisang, kiwi dan jeruk adalah sumber serat yang baik untuk ibu hamil. Ketika menambah asupan serat, Ibu hamil sebaiknya juga minum banyak cairan

Buah-buahan yang mengandung Vitamin C
Vitamin C banyak terkandung pada jeruk, lemon, jeruk nipis, strawberry, kiwi dan cantaloupe (melon dengan daging buah berwarna jingga) . Asupan vitamin C yang cukup   membantu tubuh Anda menyerap zat besi yang merupakan mineral penting untuk ibu hamil. Coba tambahkan strawberry dalam sereal atau oatmeal untuk sarapan, juga jeruk dan melon dalam salad dan makanan tambahan untuk makan siang dan makan malam

Buah-buahan yang kaya Asam Folat
Mengkonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah bayi lahir cacat pada otak dan saraf tulang belakang. Disaranan wanita mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari. Wanita yang ingin hamil sebaiknya mengkonsumsi asam folat sejumlah ini selama 1 bulan sebelum mengupayakan kehamilan dan selama kehamilan. Jeruk, jus jeruk, jus nanas, jus pepaya dan jus alpukat adalah sumber asam folat.

Buah-buahan dengan kandungan Potasium
Anda mungkin mengalami kram pada tungkai semasa hamil. Ini adalah gejala yang  sering terjadi pada ibu hamil. Kram dapat dikurangi dengan cukup banyak potasium. Potasiumjuga berperan penting dalam menjaga  keseimbangan cairan dan elektrolit dalamsel-sel tubuh. Pisang, kiwi, cherrypeach, semangka dan anggur adalah sumber potasium.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar