Aktivitas Balita Di Musim Hujan


Musim hujan telah tiba. Hampir tiap hari turun hujan bahkan pada tengah hari atau kapan pun. 

Apa yang Anda lakukan bersama balita Anda ketika hujan turun sepanjang hari? Tentu Anda terpaksa beraktivitas di dalam rumah. Bagaimana jika mengajak balita Anda ke luar dan beraktivitas di bawah rintik hujan? Tentu banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum melakukan aktivitas ini. 


  1. Lakukan aktivitas ini ketika Anda yakin balita dalam keadaaan benar-benar sehat. 
  2. Hindari membawa balita keluar rumah pada saat hujan lebat, banyak petir atau angin kencang
  3. Batasi waktu Anda di luar rumah. segera kembali ke rumah setelah aktivitas sekitar 10- 15 menit
  4. Siapkan handuk untuk mengeringakan tubuh balita dan segera mandikan balita dengan air hangat dan kenakan pakaian bersih yang hangat. Minuman hangat juga dapat membantu mencegah balita sakit karena hujan-hujanan.
Baiklah, mari  kita lakukan aktivitas ini. Apa yang harus Anda siapkan untuk petualangan ini?
  • Jas hujan dan payung untuk Anda dan si kecil
  • Sepatu boot agar kaki balita tidak terendam air hujan
Kenakan jas hujan dan sepatu boot pada balita dan Anda sendiri. Minta Balita memakai patung kecil. Ajak anak berjalan-jalan di sekitar rumah agar Anda dapat segera kembali ke rumah bila hujan bertambah deras.
Dalam perjalanan singkat ini, ajak anak
  • Mengamati tetesan air hujan. Minta balita menadahkan tangan untuk menangkap air hujan. minta anak memperhatikan tetesan hujan di daun-daun. Apakah daun-daun bergerak karena tertimpa air hujan? Apakah pemandangan ketika hujan berbeda dengan ketika tidak hujan? 
  • Mendengarkan bunyi air hujan menimpa payung. Tanyakan apakah balita Anda mendengar suara yang sama ketika berada di dalam rumah? 
  • Mengamati hewan. Adakah hewan yang berkeliaran di tengah hujan.Apakah anak melihat burung? Katak? Atau cacing merayap di tanah yang basah?
  • Ajak anak berjalan menuju rumah sambil mencari genangan air dan melangkah di atasnya. Minta anak agak menghentakkan kaki sehingga air bercipratan
Pertimbangkan manfaat dan risiko yang Anda hadapi sebelum melakukan aktivitas ini bersama balita Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar