Apakah Anda Hamil?



Bagaimana anda mengetahui bahwa anda mengandung?  Setiap wanita berbeda. Setiap kehamilan juga unik. Seorang wanita mungkin mengalami hal-hal yang berbeda dengan wanita lain. Begitu juga bila kehamilan anda bisa jadi berbeda dengan kehamilan anda sebelumnya.
Berikut ini tanda-tanda umum dapat terjadi pada awal kehamilan. Yuk disimak!

Bercak darah dan nyeri perut
Kadang-kadang seorang wanita tidak menyadari bahwa ia hamil karena gejala awal kehamilan mirip dengan menstruasi. Namun perlu diperhatikan bahwa bercak darah dan nyeri perut pada awal kehamilan lebih ringan daripada datang bulan. Anda mungkin mengalami keluarnya cairan putih seperti susu dari vagina. Anda perlu waspada bila cairan itu berbau tidak sedap, atau menimbulkan rasa panas atau gatal, karena anda mungkin menderita infeksi jamur  atau bakteri.

Lelah
Anda mengalami kelelahan berlebihan. Hal ini disebabkan tingginya tingkat hormon progesteron yang tinggi dalam tubuh anda. Gejala ini dapat anda rasakan sekitar seminggu setelah konsepsi.

Nyeri payudara
Payudara terasa nyeri, membengkak dan sensitif, dapat terjadi mulai beberapa hari setelah konsepsi. Nyeri payudara dapat terjadi karena ber-KB dengan pil atau menjelang menstruasi

Tidak datang bulan
Biasanya terjadi sepanjang kehamilan. Tidak datangnya tamu bulanan juga mungkin disebabkan kelelahan, perjalanan panjang, stres, masalah hormonal, naik atau turun berat badan drastis, berhenti KB dengan pil dan karena menyusui.

Mual
Disebut morning sickness tapi dapat terjadi kapanpun sepanjang hari. Mual-mual terjadi pada 2-8 minggu setelah konsepsi namun beberapa ibu mengalami mual-mual  lebih lama. Penyebab lain mual antara lain keracunan makanan, ketegangan, dan gangguan pencernaan.

Sering buang air kecil.
Kandung kemih terdesak oleh rahim yang mulai membesar hingga anda harus sering mengosongkannya.  Anda mulai harus sering ke kamar mandi pada 6-8 minggu setelah konsepsi. Namun bisa jadi ini terjadi karena infeksi saluran kemih, ketegangan dan penyakit diabetes.

Konstipasi
Tingginya tingkat hormon progeteron menyebabkan anda sembelit dan sulit buang air besar.

Mood berubah-ubah
Perubahan hormon menyebabkan mood anda mudah berubah sepanjang masa kehamilan, terutama pada trimester pertama

Perubahan warna kulit
Aerola (lingkaran sekitar puting susu) menjadi lebih gelap. Muncul garis-garis kebiruan dan merah muda  di bawah kulit payudara dan kemudian pada perut. Ini dimulai pada  trimester pertama.  Perubahan ini dapat juga disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon atau efek dari kehamilan sebelumnya.

Ngidam
Anda mungkin ingin lebih banyak dan lebih sering makan, atau menginginkan makanan-makanan tertentu pada trimester pertama. Gejala seperti ini juga dapat disebabkan oleh diet yang kurang baik, stres atau menjelang datang bulan.

Sakit kepala
Sakit kepala adalah keluhan paling umum pada ibu hamil. Lagi-lagi perubahan hormon menjadi penyebabnya. Peningkatan jumlah darah yang beredar dalam tubuh selama hamil juga ikut andil menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala dapat menjadi lebih parah karena stres, kurang tidur, gula darah rendah, dan dehidrasi.

Nyeri punggung
Perubahan hormon melonggarkan sendi dan otot pengikat sendi (ligamen) yang menghubungkan tulang pelvis dan punggung dan menyebabkan nyeri pada punggung bawah. Kandungan yang membesar juga merubah postur anda dan menyebabkan tambahan tekanan pada tulang punggung.

Gambar: http://www.thepregnancyzone.com/wp-content/uploads/2012/07/Low-HCG-Levels-in-Early-Pregnancy.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar