FAKTA TENTANG UNDERACHIEVER PADA ANAK


Seorang Ibu mengeluh, “ Kok, prestasi anak-anak saya di sekolah anjlok. Padahal  saya sudah kursuskan anak dengan pengajar-pengajar yang berkompeten". 

Tentu ada banyak orang yang tua yang menghadapi masalah ini. Namun ironisnya, lebih banyak lagi yang tidak menyadari jika anaknya mengalami underachiever.

Indikasi anak yang mengalami underachiever adalah prestasi akademisnya lebih rendah dari perkiraan berdasarkan umur, kemampuan dan potensi. Adapun ciri dari anak  yang mengalami underachiever antara lain:

          IQ lebih tinggi dari prestasi
          Prestasi tidak konsisten, kadang bagus, kadang tidak
          Tidak menyelesaikan PR
          Rendah diri
          Takut gagal (atau sukses)
          Takut menghadapi ulangan
          Tidak punya inisiatif
          Malas bahkan depresi


Diperkirakan jumlah anak yang mengakami underachiever di USA 10-40% dari populasi anak.  Namun banyak yang tidak menyadari jika hal ini timbul bukan karena faktor kecedasan rendah, melainkan berbagai masalah pribadi maupun social.

Hanya saja intervensi dini memberikan dapat hasil lebih efektif dalam menangani underachiever. Oleh sebab itu bagi orang tua yang mendapati anaknya memiliki prestasi yang tidak optimal,  ada baiknya diberikan perhatian. Apakah anak tersebut mengalami masalah personal yang membuatnya mengalami gangguan dalam belajar?

Dan penting kiranya orang tua mendapatkan saran dari pakar pendidikan anak untuk mengetahui dan melakukan penanganan terhadap anak yang mengalami underachiever.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar