PENGASUHAN NUTRISI


Kebutuhan nutrisi anak bertahap dan makin variatif komposisi dan jenisnya sejalan dengan tahap pertumbuhan anak. Pada usia-usia tertentu, sumber makanannya pun tertentu.

Misalnya pada bayi baru lahir, konsumsinya hanya ASI dari ibunya. Bagian ini membahas sekelumit mengenai kaitan pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan perkembangan intelegensia anak.

Selain oksigen yang didapat dari bergerak aktif, otak anak anda yang super aktif membutuhkan diet seimbang untuk bisa berfungsi dengan optimal. Lebih dari 100 milyar sel saraf otak aktif membutuhkan gizi cukup untuk dapat mendengar, melihat, merasa, meraba, mencium, berjalan, berbicara, berpikir dengan efisien. Makanan bergizi juga sangat mempengaruhi kecepatan hantaran saraf.

Semakin baik sistem hantaran saraf, semakin baik pula tubuh berfungsi. Kebutuhan makanan dapat disederhanakan sebagai berikut: Memperbesar porsi buah-buahan dan sayuran segar, ikan dan diet tinggi potasium (salah satu sumbernya adalah buah pisang). Kunci dalam pemberian komposisi diet ideal adalah variasi jenis dan dalam jumlah sedang.

Sempatkanlah untuk mencari buku-buku resep makanan anak terbaru ke toko-toko buku dan terapkan ketika anda menyusun menu untuk anak anda. Beberapa buku komposisi dan resep makanan anak yang baik dan cukup mudah dipraktekkan.

Pengasuhan nutrisi tidak hanya terpaku pada pemenuhan diet sehat untuk anak, namun juga membutuhkan model pola konsumsi yang ideal. Sehingga, perhatikan pula pola konsumsi Anda. Karena mereka akan merekam seluruh kebiasaan yang terjadi di hadapannya. Apakah anda sudah menjalani pola makan yang teratur (ritual, waktu, tempat, dan manner) ? Apakah anda menerapkan kebiasaan makan yang sehat, secara kualitas maupun kuantitas ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar