OTAK TENGAH DAN PENGASUHAN ANAK

Otak tengah sangat mirip dengan mamalia yang lain. Ciri utama mamalia adalah menyusui, jadi tidak mengherankan bila kucing dan anjing,seperti halnya manusia, sangat lengket dengan bayinya, tidak seperti kura-kura ataubuaya. Salah satu fungsi penting dari bagian ini adalah mengatur sistem kekebalantubuh anak anda.

Tiga implikasi yang sangat penting untuk pengasuhan anak:

1. Kasih sayang

2. Memory
Letak pusat emosi di otak sangat berdekatan dengan pusat penyimpanan memori jangka panjang. Artinya lebih mudah mengingat sesuatu jika melibatkan emosi.

Contohnya: lirik lagu, jingle iklan, gambar lucu dan berwarna-warni. Tidak herankalau anak-anak mudah sekali menirukan lagu ataupun cuplikan percakapan/jingle iklan TV.

3. Filter
Setiap informasi baru melalui indra tubuh masuk melalui otak tengah untukkemudian kemudian diproses di puncak otak. Dengan kata lain otak tengah berfungsI sebagai filter atau penyaring informasi.

Situasi tak menguntungkan seperti stress dan ketakutan akan menghambat jalannyapengiriman pesan dari otak tengah ke puncak otak yang kita kenal sebagai lokasi proses berpikir. Seseorang bisa mendadak lupa pada apa yang akan diucapkan ketikaberdiri di atas podium di hadapan banyak penonton dengan alasan yang sama, yaitu: stress.

Demikian pula anak anda akan sulit menangkap pelajaran jika dalam keadaan stress atau tekanan. Sebaliknya, proses belajar akan sangat lancar jika anak rileks, tanpabeban dan menikmati. Jadi, proses belajar harus dibangun dalam suasana yang menyenangkan.

Banyak cara untuk menyampaikan pesan, carilah cara yang palingefektif dan disukai anak. Setiap anak suka bermain, maka tidak mengherankan jikabermain merupakan cara belajar yang paling efektif bagi semua anak. Banyak pakarpendidikan yang menyatakan : “Pekerjaan anak adalah bermain”

1 komentar: