Anda Bertanya Kami Menjawab - Sex Education




Tanya:

Bagaimana cara menjelaskan/menjawab pertanyaan anak tentang bagaimana cara menggunakan kondom dan apa gunanya?  Anak saya umur 9 tahun.


Jawab:
Untuk anak Bunda, mungkin lebih perlu sex education , yaitu menjelaskan proses reproduksi.
Kontrasepsi dapat dijelaskan ketika anak menjelang usia remaja. Bila anak menanyakan soal kondom, bisa dijawab bahwa itu untuk orang dewasa, bila tiba waktunya, akan dijelaskan.

Orang tua cenderung menghindari berbicara dengan anak tentang seks karena merasa tidak nyaman, atau merasa kok malah mengajarkan sesuatu yang dapat mendorong anak melakukan hubungan seks pada usia dini. Padahal dengan ‘bekal’ yang baik dari orang tua, anak-anak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menunda hubungan seks hingga ia terikat hubungan perkawinan.

Mulailah pendidikan seksual dengan menjelaskan kepada anak mulai dari siapa dirinya, mengapa anatomi tubuh anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Tentu saja penjelasannya perlu disesuaikan dengan umur anak. Anak-anak cenderung bertanya dengan mendetil, jangan menghindari pertanyaan karena Anda tidak nyaman menjawabnya, berikan jawaban yang sewajarnya.

Anda juga dapat membaca artikel Pendidikan Seksual pada Balita.
Demikian ya Bunda, semoga dapat membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar