Nyenyak Tidur Saat Hamil


Perubahan hormonal dan fisik yang berhubungan dengan kehamilan dapat mempengaruhi kualitas tidur. Tiap trimester kehamilan mempunyai masalah tidur yang berbeda. Berikut ini masalah tidur yang paling umum terjadi pada ibu hamil

Trimester pertama
  • Sering terbangun karena ingin buang air kecil. Hal ini terjadi karena kandung kemih tertekan oleh janin sehingga anda harus sering mengosongkannya.
  •  Gangguan tidur karena stres fisik dan emosional yang muncul karena kehamilan
  •  Banyak tidur pada siang hari


Trimester Kedua
Frekuensi ke kamar mandi pada malam hari berkurang karena posisi janin sudah bergeser ke atas, sehingga tekanan pada kandung kemih berkurang. Namun kualitas tidur masih kurang baik karena bayi yang tumbuh dan stres emosional yang timbul karena kehamilan

Trimester Ketiga
Pada trimester terakhir ini anda mungkin mengalami lebih banyak masalah tidur karena:
  •         Perut yang membesar membuat anda tidak nyaman
  •             Nyeri ulu hati, kejang pada tungkai
  •             Lagi-lagi anda harus sering buang air kecil karena posisi bayi berubah dan kembali menekan kandung kemih


Tip untuk membantu Anda tidur lebih baik selama kehamilan
Tip ini dapat membantu anda, namun bila anda mengalami gangguan tidur yang parah, bicarakan dengan dokter anda.

Bantal tambahan. Gunakan bantal untuk menyangga perut, punggung dan tungkai anda. Masing-masing ibu hamil merasa nyaman dengan posisi tidur yang berbeda-beda. Tempatkan bantal sesuai dengan posisi tidur yang paling nyaman untuk Anda.

Teknik relaksasi
Relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot. Teknik relaksasi meliputi peregangan (stretching), yoga, diurut, meditasi dan menarik napas dalam-dalam.

Olah Raga
Olah raga 30 menit sehari dapat menguatkan tubuh dan mempermudah kelahiran. Berjalan santai, berenang, bersepeda statis dan senam khusus wanita hamil adalah olah raga terbaik untuk Anda. Tanyakan kepada dokter sebelum mulai berolah raga. Bila sebelumnya anda tidak terbiasa berolah raga, lakukan secara bertahap. Misalnya anda dapat mulai dengan 5 menit sehari. Tingkatkan bertahap hingga 30 menit sehari. Hindari senam dengan posisi telentang pada trimester ketiga
Olah raga teratur selama kehamilan meningkatkan kesehatan fisik dan mental dan membantu ibu hamil tidur lebih baik. Namun sebaiknya Anda tidak berolah raga dalam waktu empat jam sebelum waktu tidur.

Minum pada siang hari
Minumlah cukup banyak air pada siang hari dan mulai membatasi minum pada sore hari untuk mengurangi buang air kecil pada malam hari.

Mengurangi kecemasan  dan stres
Ibu hamil sering cemas dengan keadaan bayinya, peran barunya sebagai ibu, pengeluaran yang akan meningkat dengan hadirnya anggota keluarga baru dan berbagai macam masalah lainnya. Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang membuat ibu hamil susah tidur. Kecemasan tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Bicarakan kecemasan Anda dengan teman atau keluarga. Carilah bantuan profesional jika kecemasan anda menimbulkan stres.

Rutinitas
Ciptakan rutinitas sore yang membuat Anda tenang dan santai. Minum segelas susu hangat, membaca buku, mandi air hangat, atau meminta suami  memijat bahu anda, adalah ritual yang dapat membantu anda tidur nyenyak. Hindari mandi berendam dengan air yang terlalu panas karena dapat berisiko keguguran.

Posisi tidur
Pada trimester ketiga, tidurlah miring ke kiri. Posisi ini memungkinkan aliran darah yang lancar ke janin, rahim dan ginjal. Hindari  berlama-lama tidur telentang.

Diet
Hindari kafein dan alkohol untuk menghindari insomnia. Kafein tidak hanya ada dalam kopi, tetapi juga dalam teh dan minuman bersoda. Bila Anda mual, crackers dapat membantu mengurangi mual anda. Makanlah dengan porsi kecil namun lebih sering.  Pergi tidur dengan perut lapar atau terlalu kenyang dapat membuat sulit tidur.

Menghindari nyeri ulu hati
Jangan berbaring hingga 1 hingga 2 jam sesudah makan malam. Bila anda mengalami nyeri ulu hati, tidurlah dengan kepala berbantal tinggi. Hindari makanan pedas, asam dan gorengan karena dapat memperparah nyeri ulu hati.

Hindari tidur siang
Merasa mengantuk di siang hari membuat ibu hamil tidur siang, namun dengan tidur siang, Anda akan sulit tidur di malam hari.  Hindari tidur siang. Pergilah tidur satu jam lebih awal dari biasanya.

Jangan risaukan mimpi buruk
Sebuah penelitian di Kanada mengungkapkan bahwa 59% ibu hamil mengalami mimpi bahwa bayinya dalam bahaya. Mimpi seperti ini normal dan merupakan bagian dari naluri ibu untuk melindungi bayinya, Bila anda terbangun, ubah posisi anda dan tidur kembali

Asap rokok
Ibu hamil yang terpapar asap rokok sekunder atau perokok pasif lebih banyak mengalami sulit tidur. Mereka juga mengalami masalah pernapasan dan sering terbangun pada dini hari.

Kamar tidur hanya untuk tidur
Jangan menyimpan buku bacaan di kamar tidur. Niat anda membaca agar mudah tidur, namun yang sering terjadi justru anda  ingin terus membaca hingga akhirnya tidak dapat tidur. Bacalah buku, majalah dan bacaan lain pada siang dan sore hari.
Keluarkan televisi, komputer, telepon selular dari kamar tidur. Kamar tidur hanya untuk tidur dan menikmati kebersamaan anda berdua.


Sumber:

Gambar: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR4gi79VdTaBAwk5apnDKsAY8O8pvBX0S1OJXow_Pt6yjj6vWVRIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar