MASALAH UNDERACHIEVER PADA ANAK


Apakah prestasi anak Anda rendah? Atau apakah anak sering bermasalah di sekolah? Waspadalah, barangkali Anda mengalami masalah underachiever. Oleh sebab perlu kiranya Anda memahami tentang persoalan underachiever pada anak.

Apakah anak anda mengalami underachiever?
Underachiever adalah anak yang prestasinya jauh dibawah potensinya.  Anak malas, cemas, suka menyalahkan guru maupun orang tua, menghindari PR, menyombongkan diri, adalah sebagian dari ciri-ciri anak underachiever.

Emosi anak-anak underachiever sangat beragam, bisa terlalu banyak bicara, menarik diri, ketakutan berlebihan, bisa juga tampak bahagia. Yang penting diamati adalah perubahan mencolok dari emosi yang biasanya ke emosi yang baru.  

Mengapa anak berprestasi rendah?
Ada 1001 penyebab “underachievement,” seperti kurang tidur, kurang istirahat, kurang gizi, rumah yang penuh konflik, dst. Dan banyak orang beranggapan jika underachiever terjadi karena persoalan psikologis, seperti konflik di rumah, kurang mendapatkan perhatian dari orang tua dsb.

Namun banyak juga anak yang mengalami underachiever menyangkut masalah belajar. Setidaknya kebanyakan anak mengalami hal tersebut yang diakibatkan dua hal yakni 1) Anak belum mengenal gaya belajarnya. 2) Anak tidak dilatih skill belajarnya.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami prestasi rendah, dan memiliki ciri-ciri seperti disebutkan di atas, bisa jadi anak Anda mengalami masalah underachiever. Pastikan apakah itu terkait masalah psikologis atau ketidaksesuaian masalah belajar.  Anda baiknya Anda menghubungi dan berkonsultasi dengan konsultan anak untuk mengatasi masalah underachiever pada anak Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar