TOKOH INSPIRATIF: ANNE SULLIVAN (1866-1936)


Johanna (Anne) Sullivan lahir pada tahun 1866 di Feeding Hills, Massachusetts. Anne adalah puteri Thomas Sullivan, petani imigran Irlandia. Anne mempunyai seorang adik laki-laki bernama Jimmie yang lumpuh akibat penyakit tuberculosis (TBC).

Pada usia 5 tahun Anne terserang penyakit trachoma yang menyebabkan matanya hampir buta. Dua tahun kemudian ibunya meninggal. Ayahnya kemudian meninggalkan Anne dan Jimmie di sebuah panti asuhan di Tewksbury. Tak lama kemudian Jimmie meninggal.

Ketika berjumpa dengan Frank Sanborn, ketua sebuah yayasan sosial, Anne memohon supaya ia bisa bersekolah. Anne kemudian menjalani serangkaian operasi untuk menyembuhkan matanya.

Penglihatan Anne membaik walaupun tidak sepenuhnya dan ia hanya dapat membaca dalam waktu singkat..

Anne belajar dan lulus dengan nilai tinggi di the Perkins Institute for the Blind. Ia kemudian mengajar di sekolah khusus untuk orang buta tersebut. Anne dikenal sebagai guru yang berbakat dan tekun dalam pekerjaannya sebagai guru.

Anne Sullivan kemudian direkomendasikan untuk mengajar Helen Keller, seorang anak yang kehilangan penglihatan dan pendengarannya akibat demam tinggi.

Ketika Anne tiba di rumah keluarga Keller, Helen berusia tujuh tahun, dengan temperamen tinggi dan sulit diatur . Anne mengajarkan disiplin kepada Helen dan kemudian mengajarkan abjad secara manual dan huruf Braille.

Pada 5 April 1887, setelah selama sebulan mengajari  Helen abjad  manual dan tingkah laku yang baik, Anne mengalami suatu terobosan menakjubkan yang membawa  Helen kembali kepada dunia komunikasi and pembelajaran.Ketika berdiri di sebuah pompa air dan air mengalir di tangan Helen, Anne mengeja kata "water" pada tangan Helen. Tiba-tiba Helen memahami permainan jari aneh yang mereka mainkan selama ini adalah sebuah upaya untuk berkomunikasi.

Anne menemani dan membimbing selama Helen bersekolah  di  The Perkins Institute dan The Cambridge School for Young Ladies dan kemudian kuliah  Radcliffe College. Semua orang kagum dengan kemaampuan Anne berkomunikasi dengan Helen dan kecerdasan Helen dalam menerima pelajaran walaupun ia buta sekaligus tuli.

Banyak orang mengira Anne hanya ingin mengendalikan dan memanfaatkan Helen Keller. Mereka tidak mempercayai komitmen Anne kepada Helen.

Setelah Helen menyelesaikan pendidikan formalnya, Anne tetap mendampinginya melakukan perjalanan untuk memberikan ceramah. Setelah Helen lulus dari  Radcliffe, Anne menikah dengan seorang dosen muda dari  Harvard, John Albert Macy pada tahun 1905. Mereka bertiga tinggal bersama-sama hingga tahun 1912 ketika pasangan Macy berpisah. John dan Anne banyak membantu Helen menulis buku, termasuk otobiografinya, The Story of My Life (1903).

Helen dan Anne tetap bepergian untuk  memberikan ceramah dan menggalang dana untuk the American Foundation for the Blind.

Penglihatan Anne memburuk pada tahun 1935 dan ia menjadi buta. Anne Sullivan Macy meninggal pada tahun 1936.

Menjelang akhir hayatnya Anne Sullivan Macy menerima penghargaan dari Temple University, the Educational Institute of Scotland, dan  the Roosevelt Memorial Foundation untuk  usahanya yang tak mengenal lelah dan komitmennya kepada Helen Keller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar