POCAHONTAS (1595 - 21 MARET 1617)




Anda mungkin pernah menonton film animasi Disney yang berjudul Pocahontas dengan Mel Gibson sebagai pengisi suara tokoh Kapten John Smith. Mungkin anda tidak tahu bahwa Pocahontas benar-benar ada. Inilah kisah nyata yang mengilhami film animasi yang terkenal itu.

Pada tahun 1595 lahirlah seorang anak perempuan bernama Matoaka di suku Indian Powhatan di Virginia, Amerika Serikat.  Setelah ia tumbuh besar ia dikenal dengan panggilan Pocahontas yang artinya “si nakal kecil”.

Pada tahun 1607 pemerintah Inggeris membentuk koloni baru di Jamestown, Virginia. Musim   dingin pada tahun 1608 sangat  buruk sehingga perbekalan penduduk Jamestown menipis. Kapten John Smith memimpin beberapa prajurit berburu di hutan untuk mencari tambahan makanan.

Sayangnya mereka tertangkap oleh suku Powhatan dan semuanya terbunuh kecuali Kapten John Smith sendiri. John Smith dibawa menghadap kepala suku Powhatan, ayah Pocahontas. Kepala suku memerintahkan agar John Smith dibunuh, namun Pocahontas yang baru berumur 13 tahun memohon kepada ayahnya agar John Smith dibebaskan.

Beberapa tahun kemudian Pocahontas memperingatkan penduduk Jamestown akan serangan suku Indian sehingga mereka selamat.

Pocahontas kemudian bersahabat dengan penduduk Jamestown. Bahkan kemudian ia menganut agama Kristen dan dibaptiskan dengan nama Rebecca. Setahun kemudian pada 1614 ia menikah dengan John Rolfe dan kemudian melahirkan putera mereka Thomas.

Pocahontas bersama suami dan puteranya mengunjungi Inggris  pada tahun 1616. Mereka disambut dengan meriah sebagai Indian Princess.  Ia diundang ke istana untuk menemui Raja James I dan Ratu Charlotte dan dianugerahi  gelar “Lady”.

Sayangnya beberapa bulan setelah itu Pocahontas jatuh sakit dan meninggal. Ia dimakamkan di Inggris. 


Lady Rebecca Rolfe atau Pocahontas akan selalu dikenang sebagai puteri Indian yang sangat berani dan rela mengorbankan jiwa raganya untuk menyelamatkan Kapten John Smith dan penduduk Jamestown.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar